Endokrin

Sistem endokrin adalah kumpulan kelenjar yang menghasilkan hormon yang mengatur antara lain metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan, fungsi jaringan, fungsi seksual, reproduksi, tidur, dan suasana hati.

Sistem endokrin terdiri dari kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, ovarium (pada wanita) dan testis (pada pria).
Organ utama dari sistem endokrin
Meskipun hormon bersirkulasi ke seluruh tubuh, setiap jenis hormon ditargetkan ke organ dan jaringan tertentu.

Apa organ utama dari sistem endokrin?
Sementara banyak bagian tubuh membuat hormon, kelenjar utama yang menyusun sistem endokrin adalah:

hipotalamus
kelenjar di bawah otak
tiroid
paratiroid
adrenal
tubuh pineal
ovarium

testisSistem endokrin mendapat bantuan dari organ seperti ginjal, hati, jantung dan gonad, yang memiliki fungsi endokrin sekunder. Ginjal, misalnya, mengeluarkan hormon seperti eritropoietin dan renin.

Kadar hormon yang terlalu tinggi atau terlalu rendah menunjukkan adanya masalah pada sistem endokrin. Penyakit hormon juga terjadi jika tubuh Anda tidak merespons hormon dengan cara yang tepat. Stres, infeksi, dan perubahan keseimbangan cairan dan elektrolit darah juga dapat memengaruhi kadar hormon.

Penyakit endokrin yang paling umum adalah diabetes, suatu kondisi di mana tubuh tidak memproses glukosa dengan benar, yaitu gula sederhana. Ini karena kekurangan insulin atau, jika tubuh memproduksi insulin, karena tubuh tidak bekerja secara efektif.
Di Mana Kelenjar Endokrin Berada di Tubuh Manusia?
Hipotalamus – Hipotalamus menghubungkan sistem endokrin dan saraf kita. Hipotalamus menggerakkan sistem endokrin.

Kelenjar hipofisis – Kelenjar hipofisis menerima sinyal dari hipotalamus. Kelenjar ini memiliki dua lobus, lobus posterior dan anterior. Lobus posterior mengeluarkan hormon yang dibuat oleh hipotalamus. Lobus anterior menghasilkan hormonnya sendiri, beberapa di antaranya bekerja pada kelenjar endokrin lainnya.

Kelenjar tiroid – Kelenjar tiroid sangat penting untuk perkembangan dan pematangan vertebrata yang sehat serta mengatur metabolisme.

Kelenjar adrenal – Kelenjar adrenal terdiri dari dua kelenjar: korteks dan medula. Kelenjar ini menghasilkan hormon sebagai respons terhadap stres dan mengatur tekanan darah, metabolisme glukosa, serta keseimbangan garam dan air tubuh.

Pankreas – Pankreas bertanggung jawab untuk memproduksi glukagon dan insulin. Kedua hormon tersebut membantu mengatur konsentrasi glukosa (gula) dalam darah.

Gonad – Gonad reproduksi pria, atau testis, dan gonad reproduksi wanita, atau ovarium, menghasilkan steroid yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dan juga mengatur siklus dan perilaku reproduksi. Kategori utama steroid gonad adalah androgen, estrogen, dan progestin, yang semuanya ditemukan pada pria dan wanita tetapi pada tingkat yang berbeda.
Ahli endokrinologi
Ahli endokrinologi menghabiskan dua atau tiga tahun lagi untuk mempelajari cara mendiagnosis dan menangani kondisi hormon. Secara keseluruhan, pelatihan ahli endokrinologi akan memakan waktu lebih dari 10 tahun setelah gelar sarjana.

Spesialis ini merawat pasien dengan masalah kesuburan dan juga menilai dan merawat pasien dengan masalah kesehatan seputar menstruasi dan menopause.

referensi: Endokrin


List Dokter Spesialis Endokrin Di Malaysia:

0.00
·
Spesialisasi
·
0.00
·
Spesialisasi
·