Cari Dokter

Apa Saja Jenis Operasi Jantung? dokter jantung di penang malaysia

Ada banyak jenis operasi jantung, berikut ini sebagai salah satu prosedur bedah/operasi koroner yang paling umum.

  • Cangkok bypass Arteri Koroner (CABG). Dalam CABG – jenis operasi jantung yang paling umum – ahli bedah mengambil arteri atau vena yang sehat dari tempat lain di tubuh Anda dan menghubungkannya untuk memasok darah melewati arteri koroner yang tersumbat. Arteri atau vena yang dicangkokkan melewati bagian arteri koroner yang tersumbat, menciptakan jalur baru bagi darah untuk mengalir ke otot jantung. Seringkali, ini dilakukan untuk lebih dari satu arteri koroner selama operasi yang sama. CABG kadang-kadang disebut sebagai bypass jantung atau operasi bypass arteri koroner.
  • Perbaikan atau Penggantian katup Jantung – Ahli bedah jantung memperbaiki katup atau menggantinya dengan katup buatan atau dengan katup biologis yang terbuat dari babi, sapi, atau jaringan jantung manusia. Salah satu pilihan perbaikan adalah memasukkan kateter melalui pembuluh darah besar, mengarahkannya ke jantung dan mengembang serta mengempiskan balon kecil di ujung kateter untuk memperlebar katup yang sempit.
  • Pemasangan alat pacu jantung atau implan cardioverter defibrillator (ICD) – Pengobatan biasanya merupakan pilihan pengobatan pertama untuk aritmia, suatu kondisi di mana jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau dengan ritme yang tidak teratur. Jika pengobatan tidak berhasil, ahli bedah dapat menanamkan alat pacu jantung di bawah kulit dada atau perut, dengan kabel yang menghubungkannya ke ruang jantung. Perangkat menggunakan denyut listrik untuk mengontrol irama jantung saat sensor mendeteksi bahwa itu tidak normal. ICD bekerja dengan cara yang sama, tetapi mengirimkan sengatan listrik untuk memulihkan ritme normal saat mendeteksi aritmia yang berbahaya.
  • Operasi Labirin – Dokter bedah membuat pola jaringan parut di dalam bilik atas jantung untuk mengarahkan sinyal listrik di sepanjang jalur terkontrol ke bilik jantung bawah. Operasi memblokir sinyal listrik yang menyimpang yang menyebabkan fibrilasi atrium – jenis aritmia serius yang paling umum.
  • Perbaikan Aneurisma – Bagian arteri atau dinding jantung yang lemah diganti dengan tambalan atau cangkok untuk memperbaiki tonjolan seperti balon di arteri atau dinding otot jantung.
  • Transplantasi Hati – Jantung yang sakit diangkat dan diganti dengan jantung yang sehat dari pendonor yang telah meninggal.
    Penyisipan alat bantu ventrikel (VAD) atau jantung buatan total (TAH). VAD adalah pompa mekanis yang mendukung fungsi jantung dan aliran darah. satu TAH menggantikan dua ruang bawah jantung.

Apakah ada risikonya operasi jantung?

Kebanyakan operasi jantung adalah operasi besar. Meskipun sering kali berhasil, mereka JUGA memiliki risiko ,beberapa risiko ini sebagai:

  • Berdarah
  • Infeksi
  • Reaksi terhadap anestesi
  • Kerusakan jaringan di jantung, ginjal, hati dan paru-paru
    Stroke
  • Kematian, terutama bagi seseorang yang sudah sangat sakit sebelum operasi
  • Risikonya lebih tinggi jika Anda memiliki penyakit atau kondisi lain, seperti diabetes, penyakit arteri perifer, atau penyakit ginjal atau paru-paru.

Jadi, agak penting untuk memilih dokter yang berpengalaman, teliti & bagus.

referensi: operasi jantung


List Dokter Spesialis Operasi Jantung Di Penang, Malaysia:

Dr.
·
Spesialisasi
·